Friday, August 21, 2009

InsyaAllah Kuat Kok!

Seorang teman kantor, seorang Bapak, menanyakan apakah saya berpuasa. Saya jawab ya, insyaAllah kalau saya kuat. Untuk kedua kalinya si Bapak bilang: "Nita mungkin kuat, tapi bayinya belum tentu". Kenapa dua kali bilang begitu? karena hal ini juga dia ucapkan waktu saya hamil Adit dulu. Saya jawab, insyaAllah kalau saya kuat, si kecil juga kuat. Karena dia kan mengambil cadangan makanan saya.

Si Bapak mungkin khawatir, karena dulu istrinya waktu hamil dalam keadaan lemah dan tidak dapat berpuasa. Saya jelaskan padanya, alhamdulillah keadaan saya baik. Kalaupun nanti saya merasa sakit, tidak enak, saya tidak akan memaksakan diri untuk melanjutkan berpuasa.

Karena dia kelihatannya masih tidak setuju dengan saya, akhirnya saya bilang: "Pak, Adit alhamdulillah sehat, lahir normal, BB waktu lahir 3,3 kg, TB 53cm walaupun saya puasa". Dan akhirnya obrolan pun beralih ke masalah kantor :D.

Mengapa saya berpuasa walaupun sedang hamil? Karena saya yakin saya mampu. Saya (dan si bayi) alhamdulillah sehat. Saya berpikir, berpuasa hanya memindahkan waktu makan saja kok. Yang biasanya siang, jadi malam. Malam saya minum banyak, teh manis, susu, air putih, jus. Sama seperti siang hari. Makan sehari bisa tiga kali: saat buka puasa, malam hari setelah tarawih, dan saat sahur :D. Jadi sama saja kan? hanya waktunya aja yang berubah.

O,ya... kalau masalah tarawih biar kuat 11 rakaat (dengan witir), saya melakukannya tidak dengan cara sekaligus. Berat juga kan, kalau punya perut gendut shalat lama-lama :P. Jadi setelah shalat Isya, saya tarawih 4 rakaat. Terus tidur, kemudian bangun untuk sahur kan? Sebelum sahur, saya tarawih lagi 4 rakaat dan witir 3 rakaat :D.

Kandungan skr berumur sekitar 7 bulan. Mungkin, kalau di trimester pertama, saya tidak akan puasa. Kenapa? karena memang keadaan sangat lemah. Mabok dan muntah-muntah. Jadi, kalau sekarang merasa kuat untuk puasa, kenapa tidak puasa? Betul tidak?

29 comments:

ducky said...

mom.. aku yakin mom kuat kok... insya Allah...

semangat ya, smoga mommy and calon bayi sehat selalu amin..

jaga kesehatan dan makan yg sehat2 yaaaaaa

ducky said...

hehe pertamaaaaa

met ibadah puasa ya mom...semoga diberkahi dan diridhoi Allah..

maaf lahir batin jika jarang berkunjung, jika ada kata/komen kasar dan menyakiti hati... maafin ya jeng...

ducky said...

lagi ah..

luv u mom...

bu melfa said...

mampir ya mbak,,met puasa

riosisemut said...

Hati-hati lho Mom, kalo gak kuat jangan dipaksain. Kasian bayinya..

Kang Sugeng said...

Waduh Bu Nita...
Kalo istri saya dulu juga puasa pas waktu hamil uda 6 bulan.

Yg pntng jaga makanannya Mom...

ernut said...

sehat dengan puasa dan sholat! sip!

mommy adit said...

@ducky: jarang berkunjung karena yg punya rumah juga jarang update.. hehehe.. luv u full ducky!!

@melandri: met puasa juga. makasih udah berkunjung.. mo berkunjung balik tapi kok gak bisa ya?

@riosisemut: iya, klo nggak kuat nggak maksa kok mut.. tenang aja..

@mantan copet: siaaaaaaap... **jaga makanan biar nggak diembat orang**

@ernut: sip jg!

Keke Naima said...

setuju mbak.. waktu sy lagi hamil anak pertama sy juga full kok puasanya.. Sm kyk yg mbak nita pikir,, kl kitanya kuat Insya Allah bayinya pun kuat.. Yg penting jgn dipaksa aja..

Kl kehamilan yg kedua, sy sama sekali gak puasa.. Krn selama hamil sy juga msh nyusuin Keke, jd berasa bgt lemesnya.. :D

mommy adit said...

@ke2nai: Hamil sambil menyusui? udah pasti berat banget.. sepertinya susah deh klo harus sambil puasa ya...

Pakde Cholik said...

Kalau yakin kuat ya nggak apa2, malah bagus jadi nggak punya hutang tho nduk.
Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga maghfirah, rahmad dan hidayat Allah Swt selalu tercuraj=k untuk kita sekeluarga Amin.
Jaga kandungannya ya.
Salam dari pakde di Surabaya.

BrenciA KerenS said...

yakin deh pasti kuat kalo mamanya juga kuat...

semangat perpuasa yaa,...

Vera said...

iya klo kuat puasa aja kan skalian janinnya belajar puasa hehe..waktu hml azka dulu, aku hml 8 bln, puasa full, azka berat lahirnya 3 kg. Waktu hml alisha, waktu itu br hml 2 mgg, aku tetep puasa krn ga mabok tp bocor 1 hr gara2 mo muntah di mall yg penuh sesak mo nyari oleh2 mudik. Alhamdulillah alisha lahir 3,2 kg. jd klo kita puasa, by ga kekurangan mkn kan jadwalnya diubah, klo mlm mkn byk dan mnm byk. sekarang juga aku puasa pdhl msh asi eksklusif, alhamdulillah alisha ga rewel. klo siang kubanyakin aja dia bobo, biar mlm byk nenen. klo misalnya kita sanggup tp ga puasa kan lebih berat menggantinya di luar bln ramadhan krn puasa sendirian

Kang Sugeng said...

Bu Nita, mampir duonk.. ke tempat saya, ndak kuat blog walking ya? Kan lg hamil Mas....

Hamster Copo said...

waah butuh ekstra tenaganya niih,,kayaknya butuh tenaga lebih jadi butuh makan yang lebih juga mbak..moga kalian semua dalam lindungan allah SWT yuaa dan diberi kesehatan amiin

Kang Sugeng said...

Mbak Nita sahabatku, maaf saya datang lagi hanya untuk meminta dukungan.

Memang saya ini hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah Mbak, saya sudah benar-benar insyaf, karena saya punya satu keyakinan bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik.
Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin. Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, dan melalui komentar ini, saya mohon berikanlah satu komentar saja untuk postingan saya, Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

Satu komentar Anda adalah seribu keping emas buat saya.
Trimakasih Sahabatku.

~Srex~ said...

Betul mbak, menurut medis, puasa tak mempengaruhi kesehatan janin, selama ibu sehat...
Jadi...Lanjutken...!
Hehehe...
Eh, udah nyiapin nama (co/ce) buat si baby?

Unknown said...

Salam kenal ya bund
aku yakin bunda pasti kuat
semangat puasanya ya

lidya said...

selamat puasa ya,semangat terus

. said...

terima kasih sudah berkunjung:)
selamat puasa yah , semoga membawa berkah untuk calon dede yah..:)
ditunggu kunjugan berikutnya

mommy adit said...

@Pakde Cholik: amien.. makasih ya Pakde..

@Brencia: alhamdulillah kuat, tp kemaren sempet "bocor" krn muntah.. hehe..

@Vera: iya betul, lebih berat harus ganti puasa di luar bulan Ramadhan ya..

@mantan copet: kuat kok BW, udah dikunjungin kan...

@Srex: blom ada namanya Oom.. katanya sih cowok lagi nih...ada ide (bwt namanya)?

@Itik Bali: Makasih ya. Salam kenal juga!

@lidya: gimana Teh, saum juga? nggak mabok?

@Rie Hendarwanto: Sama2, terima kasih juga sudah mau berkunjung ke sini. InsyaAllah main2 ke sana lagi deh...

bongjun said...

karena ndoxter srexumisan bilang gak apa-apa orang hamil puasa,...jadi saya setuju,......selamat berpuasa mom,...aditnya puasa gak ?

reni said...

Wah udah 7 bulan ya ternyata....?
Hebat deh mbak Nita.., kuat juga bisa tetap puasa dan menjalankan ibadah Ramadhan lainnya...
Insya Allah nanti bayinya juga kuat mbak...

mommy adit said...

@bongjun: hehe.. adit mah boro2 puasa, sahur aja nggak pernah bangun :P

@reni: amien, makasih ya mbak Reni..

zee said...

kalo pas hamil muda puasa mgkn tidak kuat ya krn sering pusing dan mual.
tp klo da hamil gede kan udah lebih kuat.
bener itu, kalo ibunya kuat, anak juga kuat... :)

Nia said...

pasti kuat dech mbak, dulu waktu hamil ina aku puasa full taraweh full, waktu itu hamilnya pas 6 bulan. yang penting yakin aja hehehe....

mrpsycho said...

tetap semangat ya Mbak, jaga stamina dan asupan gizi .. semoga ibadahnya lancar tanpa kekurangan satu apapun

Saung Web said...

Semoga kuat and gak bolong ya mi... geuiningan pituin ti Bandung .. salam kenal dari Saung Web

Diana said...

salam kenal mbak anita :) apa kabarnya? Mudah2an sehat ya...