Tuesday, September 15, 2009

Anak, Nggak Perlu Dari Rahim Sendiri Kan?

Ketika akan menulis ini, jadi inget tulisan Maknya Azwa. Dia pernah menulis tentang hal ini juga. Ketika direnungi, betul juga ya....

Kami berharap, adiknya Adit nanti seorang perempuan. Bukannya apa-apa sih, cuman pengen tahu aja punya anak perempuan itu seperti apa (karena kami sudah mempunyai seorang anak laki-laki kan..). Kayaknya asyik. Tapi setelah SPoG mengatakan kemungkinannya adalah anak laki-laki, kami bersyukur dan berdoa semoga menjadi anak lelaki yang shaleh dan sehat. Sebenarnya laki-laki atau perempuan sama saja kan? amanah yang berat untuk kita didik. Untuk kita jadikan anak-anak shaleh yang bisa "membantu" kita di akhirat kelak. Ya... hanya ilmu yang bermanfaat, anak shaleh yang mendoakan orang tuanya, dan shadaqah yang bisa terus mengalir pahalanya walau kita sudah meninggalkan dunia ini.

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke sebuah panti anak yatim di daerah Cicaheum. Di sana tinggal 10 orang anak. Sambil bersalaman dengan anak-anak itu, saya lihat kamar mereka dan melihat-lihat asramanya. Ada rasa haru di hati melihat anak-anak sekecil itu sudah tidak mempunyai orang tua.

Ketika saya pulang dan bertemu suami, saya berkata padanya: "Yah, kalau nanti adiknya Adit bukan seorang perempuan tapi Ayah suatu hari kelak ingin seorang anak perempuan, kita ambil aja dari panti ya. Anak nggak perlu lahir dari rahim momi langsung kan?". Mengandung dan melahirkan bukan perkara yang mudah, apalagi harus mengurus sampai jadi anak yang sehat, shaleh, dan berguna bagi masyarakat. Dan si Ayah setuju....

30 comments:

Srex said...

Mbak, adopsi anak dari panti, itu boleh2 saja...tapi tentunya harur dg alasan yg kuat. Seperti salah satu ato dua pasangan terbukti secara medis memang infertil/mandul. Atau karena sesuatu 'hal' pd ibu suatu proses kehamilan dpt membahayakan jiwanya. Tapi.....nah ini....
Kalo dg alasan kepingin punya anak perempuan tapi tanpa dikandung sendiri...rasa2 nya kok kurang prinsipil....soale ini menyangkut banyak aspek dg konsekwensinya dikemudian hari, karena pd dasarnya mb Niet sudah punya 2 anak kandung...
Menurutku dipikir-pikir lagi ya...mohon petunjuk yg Kuasa, karena ini merupakan masalah yg nggak bisa dianggap sepele, terutama setelah 10, 20 tahun kemudian...

zee said...

Mbak,
Kalo aku mikirnya sih selama niat kita tulus, mudah2an sih di-ridhoi oleh Allah, jadi klo memang pingin adopsi ya mudah2an kelak tdk ada masalah antara anak adopsi dgn anak angkat.
Kk sepupuku jg ada adopsi anak (anak perempuan) tp memang dr famili jauh, kk ku ini ga punya anak ce, sampe udah 3 anaknya co semua. Jadi pas sekali saat ibu si anak perempuan itu lahiran dan ga mau urus anaknya, dia yg ambil.
Syukurlah so far tdk ada masalah, krn si abang2 nya yg notabene anak kandung kk ku sayang sama adiknya, mereka tahu adiknya bkn adik kandung tp mereka sayang dan jaga adiknya itu. Terharu deh klo lihat mereka...
Jd semoga niat baiknya didengar sama Yang Di Atas ya mbak :)

zee said...

Mbak,

Form peterpan itu discroll lagi ke bawah.... ada disitu nanti tombol KIRIM...

ernut said...

aku dapat anaknya harus menunggu cukup lama mbak, jadi pas hamil pokoknya berdoanya yang penting anak sehat, jensi kelamin nomer dua hehe...sekarang anakku 2, cewek semua, apik to?

ducky said...

pokoe siapa yg ngerawat anak yatim di rumahnya, maka rumah itu akan penuh berkah Allah ta'ala, bukan karena wanita atau pria kaann mom :)

ke2nai said...

Minal aidin walfaidzin. Mohon maaf lahir & batin

Srex said...

Selamat IDul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan yo mbak...

balisugar.com said...

Bersilaturahmi kepada semua teman-teman

Minal Aidin Wal Faizin Mohon maaf lahir bathin

mami vaya said...

mommy adit apakabar?
kehamilannya sehat kan?
jgn lupa lhooo cerita2 lebarannya adit yaa... :)
maaf lahir batin ya mbak....

mrpsycho said...

Selamat Idul Fitri 1430 H Mbak Niet, Mohon maaf lahir dan batin ya..
PS: mengenai anak, laki perempuan sama saja,tapi kalau ingin punya anak perempuan,mungkin bisa ikut program dokter Mbak

Srex said...

Selamat Idul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir n bathin, salam buat papa Deden n Adit...

mantan copet said...

Minal aidzin wal faidzin ya Mommy.., mohon maaf lahir dan batin.

Skalian mau ngucapin makasih tlh mendukung saya sehingga Alhamdulillah akhirnya saya bisa memenangkan kontes itu.

free download said...

Selamat IDul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan bathin

hill said...

Ass wr wb, kunjungan perdana, salam kenal mbak :)

artikel blognya banyak yg menarik, banyak inspirasi yg bisa sy dpt disini trims :)

salam
hill

zsanty said...

subhanallah, Insya Allah niat baik Niet didengar Allah SWT. Amin

zee said...

mbak apa kabar? lama nih ga di updated.
gimana cerita lebarannya... :)

ducky said...

mommy.. udh lahiran beloomm...

taqabballahu minna wa minkum..:)

lidya said...

apapun jenis kelamin nya ortu nya tetap sayang kok (sambil berharap punay anak perempuan juga hehehe)

bongjun said...

Mommmy udah melahirkan ?

mommy adit said...

@zee: hihihi.. maaf.. udah cuti nih jd blom update2 krn klo di rumah susah buka inet, ada yg gangguin mulu..

@bongjun: blom bong.. baru cuti doang...

annie said...

salam silaturahmi, teh ...
salam kenal ti Garut, kota dodol.
semoga tetap sehat dan kelak mendapat anak perempuan untuk adiknya Adit. Amiiin

reni said...

Mbak Nieta.... maaf udah lama gak mampir... Biasa, sok sibuk hehehe...
Apa kabar mbak ? kapan adiknya Adit akan lahir ya..?

reni said...

Ohya..., kalau aku nanti bisa hamil lagi (semoga..!!!), suamiku pengennya dapat anak perempuan lagi mbak. Hehehe....

pelangi anak said...

Menurut saya, alasan mengambil anak pungut yang paling baik adalah, alasan kemanusiaan, alasan untuk berbagi dengan yang lain, itu yang istimewa. Sehingga Alloh akan meringankan beban kita. Kalau alasan yang lain kawatirnya kita terjebak pada 'ego' kita sendiri, sehinga nilai sosialnya kurang tinggi.

Mohon maaf ini sekedar pendapat ringan saja. Saya sendiri juga belum bisa melaksanakan misi sosial luar biasa tersebut. Semoga di kemudian hari ada kesempatan istimewa tersebut, amien!

Meidy said...

adopsi anak? ini juga yg masih jd pemikiran saya.. tp kok blom mantep2 juga yaa..

CÜpú kisяÜh said...

Semoga niat baik kita akan selalu diberi jalan yang mudah oleh Allah..

AMIN.

ducky said...

bu, anaknya udah lahir ya... ehem...ehem...

Henny Y.Wijaya said...

saya rasa adopsi adalah pilihan terakhir kalau memang sudah "ga bisa banget".

salam kenal ya mbak!

Zulfadhli's Family said...

Yup, sah2 ajah kalo mo adopsi. Tante saya juga ga bisa punya anak terus dia adopsi dari semnjak tu baby umur 1 bulan. Segala dokumen untuk adopsi tersebut diurus dan sudah resmi.

Btw salam kenal yah. Tukeran link yuks :-) Kalo semapt mampir ke keluargazulfadhli.blogspot.com. Thanks

Lina Sukadi said...

anak itu tak harus dari rahim sendiri bun, apapun alasannya saya pikir sah2 saja selama kita mampu merawat dan 'membiayainya'...