Monday, February 2, 2009

Si Buruk Rupa

Dulu, Pak Dadang Kadarusman, pernah menulis tentang bisnis MLM (Multi Level Marketing). Tulisannya menurut saya sangat indah dan "menentramkan" bagi saya yang juga bergabung dalam salah satu bisnis MLM. Di situ Pak Dadang menulis, banyak pro dan kontra dengan MLM. Tapi si Bapak menuturkan tulisannya dengan sangat bijak (menurut saya). Dia beri judul tulisannya "Si Buruk Rupa Itu Bernama MLM".

Setiap hari setelah Pak Dadang menulis, selalu ada komentar. Ada komentar positif dan komentar negatif. Saya lihat semakin hari semakin ramai. Ada yang benar-benar benci nampaknya dengan MLM. Sampai kata-katanya (mungkin) tidak pantas untuk ditulis. Suatu hari saya tidak menerima lagi pemberitahuan (kelanjutan postingan Pak Dadang) di email. Dan ketika saya cek, sepertinya Pak Dadang sudah menghapus tulisannya. Mungkin tidak ingin tulisan-tulisan yg kontra dan tidak mengenakkan itu berlanjut.

Eh Pak Dadang, Bapak lupa ya, saya sudah pernah re-post tulisan Bapak di blog multiply saya? Dulu saya minta izin untuk meng-copy paste tulisan dan Bapak izinkan (bukan menulis ulang lho!). Gpp ya Pak.. buat kenang-kenangan.. hehehe...

Yang lain gimana? ada yang kontra dengan MLM? (duh mudah2an yang sebel banget sama MLM nggak ada yg baca tulisan saya ini.. hihihihihi...)

8 comments:

sweety said...

aku pernah ikut MLM produk kosmetik mbak...tapi aku enggak tegaan kalo ama ibu2...kalo sama bapak2 lebih gampang ngejualin nya...tapi mereka suka usil....
jadi ya sama2 kapok jadinya..
salam kenal ya...eh teman lamanya mas srex ya mbak....?

Senoaji said...

MLM wahhhh belum pernah ikut tuh...

senoaji

Ernut said...

yang saya kurang cucok dengan produk MLM adl harganya yang pasti muahal! itu saja!

~Srex~ said...

MLM..? Wah...yg produk suplemen itu banya kali...ada yg mineral dari laut hitam, klorofil, vitamin2 yg konyol lg air dg O2/oksigen...loh! Kita itu nyerap O2 lewat nafas, kok malah diminum...ya mlh kembung...jd kalo kita orang medis harus selektif banget dan rasional, kalo gak kasian konsumennya.
Btw masih banyak jg MLM yg baik ya mbak Niet...

Lidya Fitrian said...

aku gak ahli dibidang ini Teh :)

mommy adit said...

@moerti: nggak tega gimana sama ibu2? nggak tega buat nagih uangnya? jadi digratisin gitu? hihihi..
BTW, saya bukan teman lamanya Om srex, tp teman barunya.. :D

@senoaji: mo ikutan?

@Ernut: klo jadi member mah nggak mahal atuh mbak... sama aja sama harga barang lainnya..

@srex aswinto: yap, betul.. banyak MLM yg barang2nya sebenarnya nggak perlu. Mungkin hanya untuk menutupi bahwa sebenarnya bisnis itu adalah "skema piramida" udah pernah denger?

@Lidya: mau mendalami? hehehe..

sahabat senja said...

kita di tempat yang benar kan nit hiihhihhhihh hidup MLM!!!! hehhhhehehe...

mommy adit said...

@sahabatsenja: insyaAllah....