Thursday, February 5, 2009

Rosela

Saya (dan suami) sebetulnya bukan penggemar tanaman. Di luar rumah pun tanaman tidak begitu terurus. Paling kami hanya mencabuti rumputnya agar tidak terlalu tinggi. Tapi beberapa waktu yang lalu, mertua memberikan satu pot tanaman Rosela (ada beberapa pohon kecil). Tingginya kira-kira 5cm. Kita pindahkan tanaman itu ke halaman pinggir rumah.

Karena tanaman Rosela itu diberi oleh mertua, mau tidak mau setiap hari kita siram (takut dimarahin klo mati! hihihihi..). Kadang-kadang pakai air cucian beras, atau cucian daging. Saya tidak tahu apa itu benar (memakai cucian beras/daging untuk menyiram), tapi yang gemar tanaman (sepupu, kakak) biasanya melakukan hal itu.

Melihat Rosela itu tumbuh semakin hari semakin tinggi rasanya senang sekali. Daun-daunnya mulai lebar, dan banyak pucuk-pucuk baru. Oh.. ini mungkin "sensasi" yang dirasakan penggemar tanaman ketika melihat tanamannya tumbuh. Dan kemarin saya terpekik kegirangan, sepertinya Rosela saya mulai berbunga!! Duh.. bahagia sekali rasanya.... Suami keukeuh katanya itu bukan bunga, tapi pucuk daun... tapi saya yakin itu bakal bunganya!




Gimana.. betul kan, itu bakal bunga nya??

9 comments:

Vera said...

Kayaknya itu emang pucuk daun yg mo numbuh deh, Mom

mommy adit said...

yaaaaaaah.. yg bener sih?? biasanya keliatannya pucuk daun warnanya hijau, klo yg ini merah berbentuk bunga (kayak teh rosela yg biasa kita minum)

Lidya Fitrian said...

wah Teh aku gak tau tentang perbungaan, nanem bunga mati trus :(

sweety said...

mbaak....rosela tu tanaman apa ya...? pernah denger tapi lupa, daunnya bisa di masak enggak?

mommy adit said...

@Lidya: harus dengan cinta mbak Lid katanya... baru bisa idup..

@moerti: rosela itu bunganya bisa dibikin teh. Orang bilang teh Mesir. Daunnya keknya nggak bisa dimasak tuh sejauh yg aku tau. Yg dipake itu ya bunganya, banyak manfaatnya..

Ernut said...

bunga atau bakal daun, sebaiknya taruhan saja!

mommy adit said...

@Ernut: mau taruhan? mbak bertaruh apa? bunga atau bakal daun? terus yg kalah harus traktir di bebek goreng ya? hahahahhaha..

sahabat senja said...

kalau pohonnya udah agak besaran berarti itu bakal bunga nit.. karena Rosela emang berbunganya kan disela2 antara batang daun ama batang pohonnya itu dan cuma satu2... panen rosela dong ntar aku punya sebungkus lom diapa2in :D

mommy adit said...

asyikk.. asyikk.. beneran euy berbunga.. eh Da, kok blom diapa2in sih? lempar aja atuh ke pasir impun klo nggak diminum mah.. itu kayaknya bagus juga buat anak2 Da.. adit pernah batuk dikasih itu alhamdulillah cepet reda nya..