Friday, March 20, 2009

Keluarga

Keluarga bagi saya bukan merupakan kelompok kecil yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Keluarga lebih condong kepada hubungan yang "mendalam" dan melibatkan perasaan (kasih sayang). Jadi kalau ada ayah yang memperkosa anaknya, ibu yang dibunuh anaknya (duh ngeri ya..), itu bukan keluarga!!

Saudara kandung saya ada lima orang, tidak ada ayah dan ibu. Itu adalah keluarga saya. Jadi, betul kan, keluarga bukanlah kelompok yang (hanya) terdiri atas ayah, ibu, dan anak?.

Ya, Bapak sudah pergi sebelum saya menjadi seorang "perempuan" dan mama pergi sebelum saya menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas. Alhamdulillah kakak beradik semuanya rukun, saling menghargai, dan saling mendoakan. Itu adalah keluarga.

Jadi, ketika mendengar (dan melihat) sebuah kelompok kekerabatan yang penuh dengan kebencian dan saling menjelekkan satu sama lain, saya jadi terheran-heran. Betulkah mereka keluarga? Ya, mereka ada hubungan darah. Ya, mereka dilahirkan dengan ayah yang sama. Tapi mereka bukan keluarga.

Sedih saya melihatnya. Tidak ada yang mau mengalah. Yang muda tidak menghormati yang tua, yang tua tidak menyayangi yang muda. Semua merasa benar.

Keluarga ternyata bukan (hanya) disebabkan hubungan darah ya? teman-teman yang saling mendoakan dan memberikan perhatian, bisa menjadi keluarga ... teman-teman blogger yang saling menghargai dan berbagi, bisa menjadi keluarga ... betul kan?



Berdiri ki-ka: Anna (ke-1), Anne (ke-3), Annie (ke-2).
Duduk ki-ka: Anita (ke-5), Andri (ke-4), Ike (ke-6)

10 comments:

~Srex~ said...

Betul mbak, keluarga memang tempat kita seharusnya dapat memperoleh perlindungan,perhatian dll, pokoke 'to take and give' lah...
Hub Kekeluargaan tdk harus dg ikatan darah atau hukum...contohnya ya blogger itu....aneh bin ajaib ya..?
Eh, tu foto thn brapa? Sbelum merit ya?, ada cowok nya toh?

mommy adit said...

@srex: iya lah, itu foto jauh sebelum nikah. Sekitar tahun '97-an, waktu kelas 2 SMA. Kakakku yg cowok sekarang di Balikpapan, sudah punya anak satu.

Senoaji said...

keluarga itu kekuatan. kalo ada yang menghancurkan satu sama lain. keluargalah yang patut meluruskan.

Anonymous said...

setuju Mbak,kadang aneh melihat ada keluarga yg saling bersengketa,umumnya karena harta..mereka tidak mengerti arti keluarga deh..kasihan ya

astrid savitri said...

keluarga saya (ibu dan adik2)termasuk yg gak akur, nita! makanya di keluarga kecil saya (suami & anak2) saya berusaha membangunnya dgn jauh lebih baik, sejauh ini kami berempat sangat happy...doakan seterusnya ya,!

mommy adit said...

@Senoaji: iya, kekuatan..

@mrpsycho: hmm.. yg nita lihat kemarin yg bersengketa itu bukan karena harta. Tapi tidak saling menghargai sbg sesama manusia, merasa paling benar sendiri.

@astrid: semoga rukun dan damai selalu keluarga kecilnya mbak! Nita doakan juga keluarga besarnya bisa akur kembali...

Anonymous said...

semoga teh Nita selalu jadi keluarga yang rukun2 aja ya

Jenny Oetomo said...

Foto Saudaranya mirip mirip ya saya pikir kembar, Salam

ernut said...

wah.jan ayu-ayu tenan, sing bagus mung siji..

Nia said...

mbak nita keluarganya cantik2 yaa...udah gitu sama saudara akurrr...seneng banget ngelihatnya....