Wednesday, March 18, 2009

Baby Blues

Di salah satu milis yang saya ikuti, ada thread yang sedang asyik diperbincangkan: baby blues. Sebenarnya, baby blues adalah bentuk depresi pasca kelahiran yang paling sering terjadi. Dan itu terjadi pada saya setelah melahirkan Adit dulu.

Ya, emosi terasa sangat labil saat itu. Setiap waktu ingin rasanya menangis. Padahal tidak ada hal-hal patut untuk ditangisi pada kondisi normal. Memang, salah satu yang membuat saya menangis (hampir) tiap malam adalah ketidakcocokan dengan ibu mertua -- karena dulu tinggal di rumahnya. Dulu rasanya sangat menderita. Tiap malam harus bangun karena si kecil menangis. Setiap dia menangis (malam-malam), mertua akan turun dari kamarnya untuk melihat apa yang terjadi. Padahal, namanya bayi kalau pipis atau haus, pasti menangis kan? Itu membuat stres.

Baby blues seharusnya tidak berlangsung lebih dari beberapa hari. Tapi yang terjadi pada saya ternyata berlangsung beberapa bulan! Setelah saya renungkan, kemungkinan itu bukan karena baby blues lagi, melainkan masalah klasik antara mertua dan menantu (hihihihi). Tapi dari situ saya mengambil hikmah, kalau tidak begini, tak mungkin ingin cepat-cepat punya rumah sendiri.

Ada teman sekantor, ketika merasakan baby blues dia menjadi sangat benci pada bayinya. Dia merasa, semua penderitaan yang dia rasakan akibat si bayi (padahal dia juga mungkin tidak cocok dengan keluarga mertua dan harus tinggal dengan mereka). Yang terjadi kemudian adalah, dadanya bengkak terkena mastitis, karena tidak mau menyusui bayinya. Duh.. ngeri ya?

Ada lagi yang lebih mengerikan. Saya pernah mendengar sepasang suami istri cerai setelah istrinya melahirkan. Suaminya merasa tidak tahan dengan sikap istrinya yang jadi cepat marah, mudah menangis, dan tidak menyenangkan. Begitu juga istrinya merasa suami tidak mau mengerti dia, tidak mau membantu, membiarkan dia bekerja mengurus anak sendirian. Pasangan itu tidak mengerti apa yang terjadi. Kalau lah mereka tahu sindrom baby blues sedang menyerang sang ibu, mungkin tidak perlu terjadi hal demikian.

Seseorang yang baru melahirkan banyak membutuhkan kesabaran dan dorongan dari suami, keluarga dan teman. Penting sekali bagi seorang ibu untuk memahami bahwa banyak ibu mengalami hal yang sama, hal ini wajar, dan dengan sedikit dukungan dia akan membaik.

19 comments:

Anonymous said...

Wah ternyata muncul perilaku perilaku tertentu pascamelahirkan ya.

Makasih infonya mom, saya baru tau nih

Senoaji said...

babby blues, bisa dituturkan jadi cerita dalam bentuk friksi.. satir juga kalo ada sindrom seperti itu..

mommy adit said...

@Erik: sudah punya istri? sudah pernah melahirkan? (istrinya maksudnya..)

@Senoaji: bikin atuh mas...

~Srex~ said...

Waktu istriku melahirkan anak pertama, kebetulan prematur dan yg menolong persalinan Tegar ya aku sendiri (cuma ber dua).
selama 1 minggu istriku mengalami depresi, menjadi cengeng, mudah menangis, sensitif buanget, nggak mau di tinggal, semua harus aku yang melakukannya untuk merawat dia pasca persalinan.
Setelah bertahun-tahun kemudian ketika dia ku tanya kok begitu dulu, dia bilang, " dia merasa ada sesuatu miliknya yang hilang"
mungkin statusnya yang hilang, menjadi status IBU.....Baby blues...Oohhhhhh.....

mommy adit said...

@srex: bukannya patologis? kok bantu persalinan? dijahit gak setelah melahirkan? duh rasanya mak nyuus deh pas dijahit. Itu juga yg bikin tambah kerasa baby bluesnya.. cekot2 bo! mana harus nyuci popok sambil jongkok....

Beneran itu Om kok yg maen basket!! suwerrr!!!

Anonymous said...

maaf mom, td blom sempet baca2.
oo... jd gt ya, baru tau nih, info yg bagus.. :)

~Srex~ said...

Iya,patologis, diagnosisnya gini: seorang ibu 27th, G1P1A0, 30 minggu,KPD, bayi 1,let-kep, prem,inpartu.
(Ibu 27 tahun,hamil 1x,30 mgg,ketuban pecah dini, kondisi siap melahirkan.
Aku gunting,aku keluarkan bayi,potong tali pusat,keluarkan placenta,terus jahit V nya (tak bikin sempit lagi).
Saat itu kita lg ditugaskan di wil.pedalaman, gak ada siapa2, hehehe....

Vera said...

Duuuh emang mengerikan tuh baby blues, aku ngalaminnya mpe 3 bulan, rasanya depresiii banget deh...mudah2an ga ngalamin lagi. Kalo aku dulu ngerasa aku tuh bukan ibu yg baik, ngerasa hidupku jd berubah 100 % setelah ada bayi. Rasanya pengen kabur ajah ninggalin semuanya.

Penny said...

alhamdulillah aku tidak mengalami baby blues teh Nita...

mommy adit said...

@tito: jadi nanti klo istri baru melahirkan terus nangis terus, jangan dimarahin ya...

@srex: waks!! pengalaman yg mendebarkan pastinya. Membantu persalinan istri sendiri! mana di pedalaman pula... BTW, itu dibikin sempit lagi, akhirnya harus longgar lagi, kan ngelahirin anak ke-2.. hihihihi...


@Penny: setelah melahirkan semua putrinya? alhamdulillah...
@vera: klo itu bukan baby blues lagi, tapi udah masuk ke post partum deppresion (lebih tinggi tingkat depresinya). Katanya kadang ada yg merasa bakal menyakiti bayinya. Mudah2an yang selanjutnya nggak lagi ya Teh!

Anonymous said...

wah asik dapet info neh, jadi bisa siap2 kalo nikah ntar,menghadapi istri yg marah2..sudah ada persediaan amunisinya .. paling2 langsung bilang : ciluk baaa,baby blues yaaaa .. pasti nggak marah2 lagi

mommy adit said...

@mrpsycho: iya, nggak marah2 lagi, tapi langsung nangis kejer karena tersinggung.. hahahahahaha... btw, emang udah ada calonnya ya?

Kristin Or Ichien said...

duh ngeri juga seandainya kena baby blues..
alhamdulillah aku dulu ga kena n malah merasa menjadi mandiri banget n senang luar biasa...:)
moga2 ntar anak ke-2 dst ga kena deh...^_^

mommy adit said...

@Kristin: kapan rencananya Olan punya adik? ke-2 dst??? mo nambah berapa orang?

Ada dua tingkatan lagi setelah baby blues yaitu post partum depression atau tingkat yg lebih parah yaitu post partum psychosis. Kalo post partum psychosis walaupun jarang, tapi bukan berarti ngga ada. Kasus ini masuk dalam kategori berbahaya karena kecenderungan ibu yg depresi utk mencelakai anaknya. Makanya bener2 harus dirawat dan dipisahkan dari anaknya. Perlu perawatan psikiater untuk masalah ini.

Semoga baby blues (dan post partum deppresion) tidak terjadi pada kita semua ya mbak untuk anak ke-2 (dst??). Eh.. Nita mah dua aja deh...

Anonymous said...

serem teh moga2 gak sampai gitu deh

mommy adit said...

@lidya: iya, amien, mudah2an nggak sampe gitu..

Bunda Radith said...

Dulu aq baby blues gak y...???!!! he he he lupa.

Anonymous said...

Udah mbak,udah mulai nyari maksudnya xixixi ...

Nia said...

dulu aku juga ngalamin baby blues, smpe brp lama udah lupa...tapi yg pasti saat itu aku gampang sekali tersinggung, jadi cengeng...setiap suami pergi ke kantor pasti dech aku nangis, soale aku cuma sndirian ngurus bayi, udah gitu rasa2nya suami koq gak mau ngerti keadaan istrinya, dia gak tau betapa sakitnya bekas jahitan pasca melahirkan....pokoknya rasanya nano...nano...