Friday, January 23, 2009

Kisah Sopir Angkot dan Penumpang

Tadi pagi ada kejadian yang membuat sedikit tidak enak hati. Sebetulnya bukan kejadian yang dialami saya langsung, tapi seorang perempuan yang naik angkot bersama saya. Dia duduk di depan bersama sopir. Ketika akan turun, dia menyodorkan uang Rp 50.000. Si sopir marah, dan langsung membentak si perempuan itu kalau dia tidak punya kembalian. Si perempuan bilang dia tidak ada uang lagi. Si sopir kembali membentak dan menyuruh dia keluar angkot dan cepat2 menutup pintu angkot. Saya melihat wajah perempuan yang kelihatannya sangat kecewa campur malu.

Duh.. gak kebayang deh kalau saya ada di posisi dia (si cewek). Mendengar dia dibentak oleh sopir itu saja saya rasanya sudah gak enak banget. Wajah (dan hati) saya terasa panas. Yang membuat saya tambah sebal sama si sopir adalah dia jadi uring-uringan, menjalankan angkot sedemikian rupa sampai saya mual. Mengerem secara kasar sampai mobil jadi "endut-endutan". Selain itu dia juga mengklakson beberapa kali pada mobil di depannya. Kelihatan sekali kalau dia sangat marah. Setelah perempuan itu keluar dari angkotnya, dia beberapa kali berkata: "Mun atuh tukeurkeun heula duitna saacan naek angkot teh.." (harusnya tukarkan dulu uangnya sebelum naik angkot).

Saya mengerti supir angkot itu marah karena dia tidak mendapatkan haknya. Kadang kita juga mungkin seperti dia. Ketika hak kita tidak kita dapatkan, kita marah-marah, ngedumel.. Tapi terkadang kita tidak sadar, Allah mengganti hak yang tidak kita dapatkan itu melalui "tangan" yang lain. Jadi sebenarnya, tidak ada untungnya jika kita marah-marah atau menggerutu. Terima saja, tokh dengan marah-marah hak kita (pada saat itu) tetap tidak kita dapatkan, kan?

Ketika saya turun, saya bayar ongkos ditambah dengan ongkos perempuan tadi sambil berkata (ke sopir angkot): "sareng nu tadi, nu teu tiasa mayar" (sama yang tadi, yang tidak bisa bayar). Si sopir angkot bengong.

Mudah-mudahan dengan begitu, dia tidak marah-marah lagi yang nantinya (mungkin) akan mencelakakan penumpangnya.

6 comments:

BundAditya said...

Duuhh mommy baek banget ya. Semoga Allah memberikan pahala buat kebaikan mommy yang udah bayarin ongkos si cewek

mommy adit said...

Duh.. Bun, mungkin bukan karena baek.. tp karena kuping (sama hati) panas krn denger ocehan dan ngeliat kelakuan si sopir... Bunda juga klo jadi nita pasti khawatir deh, sama keselamatan penumpang...

~Srex~ said...

Bagus!!
Itu adalah suatu tamparan halus buat si sopir...kalo kita marah2 dia bs lebih gila lagi...
Salut mb. niet...elegant!

Nia said...

bener bun..aku sering banget melihat kejadian sprti itu...akhirnya penumpang gak bayar krna si sopir gak punya kembalian...tapi yg aku alami sopirnya gak kayak gitu...marah2 tp msh dlm batas yg wajar, cuma sekedar kesal aja...

duhh baik banget mommy adit udah ngebayarin...bagus bun...klo ngga gitu penumpang yg lain jadi sasaran sopir....

Ernut said...

semoga amal perbuatan jeung mendapat balasan yg bertimpal2, amiin! cuma harusnya bilang mau mbayarinnya sedari tadi...biar dia tidak enjrut-enjrutan...

mommy adit said...

@srex aswinto: itu tamparan halus ya? klo tamparan kasar gimana? langsung gaplok ya si sopirnya? heuheuheuheu.. (bisa2 gw dibales sama si sopir)

@nia: klo si sopir cuman kesel doang sih nggak akan aku bayarin.. hahahahhaha...

@Ernut: o iya ya.. harusnya bilang dulu ke sopirnya klo mo bayarin! *tepok jidat*